Optimalkan Kinerja PC Anda

Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja PC anda yang sudah saya comot dari sana sini dan saya kumpulkan dalam tulisan ini dan terbukti di komputer saya yang udah mulai lemot. Semoga bermanfaat.

Mungkin anda menyadari ketika anda mencari folder ada sedikit lambat. Itu karena Windows XP otomatis mencari network file dan printer setiap saat anda membuka windows explorer. Untuk mengatasi masalah ini dibawa ada 8 langkah yang dapat dengan mudah anda lakukan.

  1. Buka My Computer
  2. Klik pada Tools Menu
  3. Klik pada Folder Option
  4. Klik pada View Tab
  5. Uncheck the Automaticaly search for network folders and printer check box
  6. Klik Apply
  7. Klik Ok
  8. Restrat Komputer Anda

ADA LAGI NE,,,

1. Bersihkan desktop anda – buang semua shortcut dan dokumen yang bertumpuk di desktop anda. Anda dapat menggunakan application launcher seperti Launchy untuk instant keyboard access tanpa danya gangguan.

2. Buanglah Program yang tidak dibutuhkan – buanglah program yang tidak lagi dibutuhkan, dengan uninstallation tool seperti Revo Uninstaller.

3. Bersihkan Start Up, Registry, Cookies, dan lainnya. CCleaner (singkatan dari crap cleaner) adalah PC clean up tool yang dapat digunakan untuk menambah disk space anda dan membuang file-file yang tidak dibutuhkan.

4. Rapihkan “My Documents” anda – Walaupun file search pada desktop memungkinkan anda untuk mengorganisir folder, sangat baik untuk merapihkan My document anda tanpa membuang banyak usaha.

5. Hapuslah Temporary Internet file secara otomatis – bersihkan download file anda secara otomatis, email attachtment, dan temporary internet file yang lain dengan Windows Janitor Script.

6. Lihatlah isi disk anda, dan buanglah yang tidak perlu. Kehabisan tempat pada hard disk anda, tapi tidak tahu apa yang ada pada computer anda? WinDirStat dapat menjelaskan kepada anda apa saja yang memakan tempat pada disk anda, jadi anda dapat membuangnya tanpa ragu.

7. Temukan dan hapus file yang memiliki duplikat. Jika anda memiliki folder dengan banyak sekali foto dari kamera anda, atau banyak musik yang telah dikopi beberapa kali, atau file yang telah dkerjakan oleh keluarga atau grup anda, besar kemungkinan anda memiliki duplikasi file. Temukan file yang memiliki duplikat dengan menggunakan aplikasi WinMerge.

8. White Out Disk Free Space – Jika anda menghapus data anda dari hard drive, data tersebut mungkin masih ada secara fisik pada disk dan dapat dihidupkan kembali oleh program lain. Untuk menghapus data secara permanen, gunakan aplikasi Eraser.

9. Bersihkan debu yang menempel- Jika anda pernah menjatuhkan makanan keatas keyboard anda, atau kucing peliharaan anda pernah meinggalkan bulunya pada keyboard kesayangan anda, maka anda harus membersihkan debu-debu dan benda-benda lainnya yang bersarang disana.

10. Format ulang hard drive, dan install ulang windows anda. Jika semua cara sudah dilakukan dan anda belum merasa puas, jurus yang satu ini adalha yang paling ampuh.

LANJUT!!!

Coba masuk ke icon my computer terus di klik kanan!!!

pilih advanced, terus pilih startup and recovery

angka 30 atas bawah kamu ganti menjadi 1 aja

seeeppp tu!!!
TENANG AJ MASIH ADA

opsi 1 : coba masuk ke menu run, klik WIN+R, ketik ms config, masuk ke tab startup, hapus program2 yang ga perlu dijalankan saat awal booting

opsi 2 : pastikan bebas dari virus atau malware lainnya, karena ada beberapa varian dari virus yang menyebabkan waktu booting yang lama dari semestinya

opsi 3 : gunakan third party tools, banyak kok yang freeware yang berfungsi untuk membersihkan junk files dan membersihkan registry

GIMANA UDAH SUPER BELUM KOMPIE LO?

Kalau bootingnya lamban, kemungkinan besar:
1. terlalu banyak startup. Caranya sudah dijelaskan oleh or4bias4 di atas itu. Masuk ke Start >> Run >> di popup menu ketik “msconfig”. Trus pada pop menu yang muncul, klik papan startup. Jangan tandai programs eperti blutooth, Winamp, Real Player, Yahoo messenger, dsb. Pokoknya yang dikosongkan ialah program yang ngga harus aktif sejak awal. cukup aktif saat kita perlu aja.
2. Coba ubah registry.

a) Start >> Run >> trus mengetik “regedit” >> enter
b) Pada menu pop up yang baru muncul, pergilah ke HKEY_CURRENT_USER. Klik tanda + agar dibentangkan semua sub foldernya.
c) pergilah ke sini: HKEY_CURRENT_USER >> Control Panel >> Desktop >> Pada sisi atau kolom kanan lihatlah menu “MenuShowDelay” Nah dobel klik trus ubahlah string value dari 400 ke 0.
Supaya shutdown cepat, buatlah langkah berikut:

Masih pada nomor c di atas:

a) ubah string value (dengan cara dobel klik) pada “AutoEndsTasks” menjadi 1

b) Ubah “HungAppTimeout” dari 400 menjadi 0

c) Ubahlah “WaitToKillAppTimeout” dari 4000 menjado 0

d) Ubahlah “WaitTo KillServiceTimeout” dari 4000 mejadi 0

KALAU BELUM JUGA NE DIKASIH LAGI

1. Mengatur Seting “Performance Options”

Klik kanan My Computer pilih tab Advanced dan Klik Setting pada bagian Performance

Agar komputer berkerja lebih cepat, maka bisa dipilih Adjust for best performance, tetapi jika ingin tetap menggunakan tampilan XP, pilih saja (beri tanda cek) pada pilihan :

  • Use visual styles on windows and buttons
  • Smooth edges of screen fonts
  • Use drop shadows for icon labels on the desktop (jika icon desktop diaktifkan)
  • Animasi lainnya tidak begitu penting, jadi di hilangkan tanda cek-nya.

2. Mengatur aplikasi yang berjalan dengan windows

Ini mungkin akan banyak berpengaruh ke kinerja dan penggunaan Memori. Sebagian pengguna tidak begitu memperhatikan apa saja aplikasi yang otomatis berjalan bersama windows ketika start up. Padahal banyak aplikasi yang tidak penting, tetapi selalu berjalan di backround, sehingga ikut memakan Memory (RAM) komputer dan kadang memperberat kinerja.

Jika anda menggunakan laptop, maka biasanya aplikasi yang otomatis berjalan dengan windows akan semakin banyak. Salah satu indikasinya adalah banyaknya icon yang ada di sistem tray. Bagaimana mengatur dan memeriksa aplikasi-aplikasi yang berjalan dengan windwos ini ?

Cara paling mudah dan disarankan adalah menggunakan software gratis Autorun, bisa di download di http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb963902.aspx. Selain ukuran yang kecil, software ini bersifat portable. Tetapi mungkin ini adalah aplikasi autorun terbaik yang ada selama ini. Setelah di download, jalankan dan pilih tab Logon. Nah daftar yang ditampilkan adalah daftar aplikasi yang otomatis berjalan bersama windows. Hilangkan tanda cek agar aplikasi tidak otomatis berjalan.

Aplikasi yang tidak penting misalnya fasilitas auto update / registration dari program-program seperti Printer, Adobe acrobat, CorelDraw dan lainnya. Selain itu berikut beberapa aplikasi yang sering ikut berjalan bersama windows, tetapi tidak begitu penting :

  • Adobe Acrobat SpeedLauncher
  • Alcmtr ( Realtek Azalia Audio – Event Monitor)
  • EPSON Status Monitor ( jika menggunakan printer lain, seperti HP, Canon dan lainnya biasanya juga ada )
  • RTHDCPL (Realtek HD Audio Control Panel)
  • Skytel (Realtek Voice Manager)
  • SunJavaUpdSched ( Java(TM) Platform SE binary)
  • dan lain-lainnya

Perhatian..!! Jangan menghilangkan tanda chek (centang) di 2 komponen yang berada atas, yaitu userinit.exe dan explorer.exe, karena bisa menyebabkan windows tidak ada bisa masuk (login).. Jika hal ini terjadi, maka ketika booting (setelah restart) tekan-tekan tombol F8 sampai muncul pilihan booting, untuk selanjutnya pilih Safe Mode. Kemudian login dengan user seperti yang dipakai sebelumnya. Setelah masuk safe Mode, buka/jalankan Autoruns dan aktifkan kembali 2 komponen diatas, kemudian restart ulang.

3. Mematikan Indexing Service

Indexing service merupakan fasilitas windows untuk membuat dan mengupdate index file/folder secara berkala, sehingga ketika menggunakan fasilitas Search di explorer, maka pencarian bisa lebih cepat. Kadang fitur ini sering membuat kinerja PC menjadi lambat, apalagi jika jarang menggunakan fasilitas Search/Find. Untuk menon aktifkannya melalui langkah berikut :

  1. Buka Control Panel > Add or Remove Programs
  2. Pilih Add/ Remove Windows Components
  3. Hlangkan tanda cek pada Indexing Service klik saja next
  4. Tunggu proses sampai selesai

Yang jelas masih banyak tips yang lain untuk meningkatkan kinerja windows [XP], tetapi minimal dengan langkah di atas, akan terasa perbedaannya.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: